Kebiasaan Sehari-hari untuk Kesehatan Jiwa Raga
Kebiasaan Sehari-hari untuk Kesehatan Jiwa Raga

4 Kebiasaan Sehari-hari untuk Kesehatan Jiwa Raga

Kesehatan jiwa raga menjadi topik menarik untuk dibahas di saat pandemi melanda penjuru dunia. Banyak orang berlomba-lomba untuk meningkatkan imun mereka untuk menghindari serangan virus Covid-19. Namun yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan raga yang juga harus diperhatikan karena banyak sekali problem dan tingkat stress yang dapat muncul akibat hal ini. 

Maka, untuk menuju tujuan akhir yaitu kesehatan jiwa raga optimal maka hal-hal sederhana yang berasal dari kebiasaan hidup sehari-hari perlu diperhatikan. Beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya adalah:

1. Aktif Bergerak

Aktif bergerak dapat bermanfaat untuk membuat tubuh kita merasa senang karena terlepasnya hormon-hormon di otak. hal ini tidak hanya berdampak baik bagi kesehatan raga namun juga berdampak pada pola tidur lebih baik serta mengurangi stress dan cemas. “Tetap aktif” bukan hanya berarti berolahraga, ini juga termasuk dengan aktivitas yang dapat meningkatkan detak jantung, seperti berkebun, bersih-bersih, dan bersepeda ke kantor.

2. Jalani gaya hidup sehat

Olahraga, tidak merokok, menjaga asupan nutrisi juga diet sehat, tidak hanya penting untuk kesehatan raga, tetapi juga memiliki hubungan langsung dengan kesehatan jiwa. Olahraga akan mengaktifkan hormon endorfin dalam tubuh, yang membantu meningkatkan suasana hati. Asupan nutrisi yang tidak dijaga seperti kelebihan konsumsi gula dan lemak dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi. Maka, diet tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja namun juga dapat menjaga risiko gangguan mental. 

Baca Juga : 5 Hal Sederhana Memelihara Kesehatan Tubuh dengan Benar

3. Mindfulness

Mindfulness adalah suatu sikap kesadaran penuh dan hadir utuh akan diri saat ini, tidak terlalu merisaukan hal-hal di masa depan yang belum kejadian. Ada berbagai cara meningkatkan mindfulness, bisa dengan meditasi, menuliskan hal-hal positif yang dirasakan dan dialami, selalu bersyukur dan mengapresiasi diri sendiri.

4. Berdamai dengan diri sendiri

Jika tubuh sering merasa gelisah, cemas dan takut cobalah untuk “menepi” sejenak. Bisa dengan meletakkan smartphone dan vakum dari dunia sosial media untuk sementara waktu setiap hari. Putuskan sambungan koneksi dari lingkaran media sosial maupun dunia maya, dan cobalah terhubung dengan batin Anda sendiri dan lebih memahami apa yang dirasakan oleh tubuh. Lalu perlahan mulai berdamai dan memaafkan hal-hal yang terjadi di luar kendali diri. Langkah pertama untuk mencegah gangguan mental adalah dengan hal ini. 

Kebiasaan yang dilakukan secara sederhana dapat berdampak besar bagi tubuh kita. 4 cara di kehidupan sehari-hari di atas demi tercapainya kesehatan jiwa raga secara optimal.