Tanaman Herbal Untuk Atasi Hipertensi
Tanaman Herbal Untuk Atasi Hipertensi

Empat Tanaman Herbal Untuk Atasi Hipertensi

Sebuah data dari Society of Hypertension, yang dikutip dari laman Hello Sehat, menyampaikan bahwa satu dari empat orang dewasa di Indonesia memiliki tekanan darah tinggi alias hipertensi. Tentu ini menjadi fokus banyak orang, khususnya di bidang kesehatan, agar penyakit ini tidak memakan banyak korban. Namun, tahukah kalian bahwa hipertensi dapat diatasi dengan mengonsumsi ramuan herbal dari tanaman alami, lho!

Berikut sudah kami rangkum dari berbagai sumber mengenai lima tanaman herbal yang dapat bantu tubuh untuk atasi hipertensi:

1. Kapulaga

Rempah asli alami asal India ini ternyata mampu menjadi obat herbal penangkal hipertensi, lho. Meski kerap digunakan sebagai bahan memasak kari, kapulaga ternyata bisa dimanfaatkan untuk membantu dalam penurunan tekanan darah tinggi dengan menyertakannya menjadi bagian dari rempah-rempah makanan.

2. Cokelat

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa mengonsumsi dark cokelat atau bubuk cokelat yang diperkaya flavanol ternyata dapat menurunkan kadar tekanan darah. Hal ini disebabkan cokelat mampu mempengaruhi sistem oksida nitrat tubuh hingga membuat penurunan terhadap tekanan darah. Tidak hanya itu, cokelat juga mampu menghambat enzim pengubah angiotensin (ACE).

Baca Juga : Pengobatan Herbal Atasi Luka di Tubuh

3. Seledri

Tertulis dalam Buku Jamu Saintifik bahwa seledri ternyata bisa dimanfaatkan sebagai peluruh air seni dan menurunkan tekanan darah, lho. Meski kerap digunakan sebagai pelengkap makanan, seledri ternyata memiliki kandungan apigenin yang dapat menurunkan kekuatan kontraksi jantung hingga aliran darah yang membuat tekanan darah menjadi berkurang.

4. Meniran

Sebagai tanaman herbal, Meniran ternyata kerap digunakan untuk pengobatan herbal dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Diketahui bahwa meniran mengandung kalium yang bermanfaat dalam peningkatkan cairan intraseluler dengan menarik cairan ekstraseluler.